Senin, 07 Maret 2016

Tips Mengatasi Kebocoran pada Talang Rumah

Mengatasi kebocoran pada talang rumah - Salah satu permasalahan yang sering dialami dalam sebuah desain rumah adalah terjadinya kebocoran talang rumah.

Talang rumah adalah pertemuan antar bidang atap atau tepi atap dengan tembok. Kebocoran talang sering kali mulai dirasakan dan terlihat pada saat musim hujan datang.

Kebocoran talang akan berimbas kepada masukknya air hujan ke dalam rumah melalui kebocoran pada talang, selain itu kebocoran ini juga bisa membuat kerusakan pada plafon dan bisa mengundang datangnya jamur dan lumut pada dinding.


Berikut ini kami sajikan beberapa langkah dan tahapan untuk mengatasi kebocoran pada talang rumah.

Pertama, sebagai langkah awal, kita bisa mengecek posisi peletakan talang, apakah ada kesalahan dalam tata letaknya, seperti talang yang terbuat dari karpet karet, sering kali terjadi overlapping atau slip. Cek posisi genteng atau posisi talang. Karena posisi talang yang bergeser akan berdampak pada retaknya sambungan pada talang dan dinding.

Kedua, jika penyebab kebocoran adalah karpet talang yang robek atau bolong, maka kita bisa memperbaikinya dengan cara penambalan menggunakan waterproofing. Untuk hasil yanglebih maksimal dan tahan lama, kita bisa menambahkan serat fiber yang dipadukan dengan waterproofing.

Ketiga, selalu jaga kebersihan talang, agar talang tidak tersumbat oleh berbagai kotoran seperti daun-daun kering yang menutupi talang.

Keempat, jika talang rumah kita terbuat dari PVC atau seng, kita bisa mengatasi kebocoran yang terjadi dengan menggunakan waterproofing dan aspal.

Beberapa tips dalam mengatasi dan memperbaiki talang rumah yang mengalami kebocoran diatas, semoga bisa bermanfaat dan memberikan sedikit solusi dalam hal renovasi rumah.
Selamat beraktifitas dan sukses selalu untuk anda.

Jangan lupa baca artikel menarik lainnya tentang Mengatasi lantai turun atau amblas

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mengatasi Kebocoran pada Talang Rumah