Senin, 07 Maret 2016

Tips Memperbaiki dan Merenovasi Lantai yang Turun atau Amblas

Memperbaiki dan Merenovasi Lantai yang Turun - Permasalahan lantai rumah yang sering kita alami adalah kondisi lantai yang turun atau amblas kebawah.

Masalah ini biasanya disebabkan oleh kondisi tanah yang berada di bawah lantai rumah kita atau bisa juga disebabkan oleh kesalahan awal pada saat pengerjaan lantai yang kurang tepat.

Beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan turunnya lantai adalah kondisi tanah yang labil, retak, atau adanya sisa akar atau tanaman yang tertinggal di dasar tanah yang telah mengalami pelapukan sehingga membuat kondisi tanah berongga.



Untuk mengatasi dan memperbaiki kondisi lantai yang turun atau amblas, berikut ini kami sajikan tips langkah merenovasinya.

Pertama, siapkan bahan dan alat berupa semen, batu kricak atau kerikil, pasir dan sendok semen.

Kedua, tahap pengerjaan dan perbaikan
  1. Sebagai langkah awal, angkat posisi lantai yang mengalami penurunan, termasuk juga pasir timbun dan adukan semen hingga terlihat permukaan dasar tanah.
  2. Dengan menggunakan alat bantu kita bisa padatkan kondisi tanah , jika masih kurang padat atau kondisi tanah yang lembek, kita bisa tambahkan kerikil dan padatkan kembali sampai benar-benar padat.
  3. Langkah selanjutnya, untuk membuat kondisi tanah benar-benar padat, kita tambahkan dengan pasir dengan ketebalan 10 cm dan siram dengan air.
  4. Untuk penggunaan lantai yang lama, bersihkan terlebih dahulu lantai dari sisa perekat yang lama.
  5. Sebagai bahan perekat lantai, kita bisa membuat campuran dari semen dan pasir dengan perbandingan 1 semen : 2 pasir.
  6. Aplikasikan bahan perekat lantai diatas pasir yang telah padat dan ratakan
  7. Langkah terakhir, pasang lantai dengan rapi dan hati-hati, dengan memperhatikan kerataan nya.
Semoga beberapa tips mengatasi lantai yang turun atau amblas diatas, bisa memberikan sedikit pencerahan dan ide bagi kita untuk merenovasi rumah.
Salam sukses dan selamat beraktivitas.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memperbaiki dan Merenovasi Lantai yang Turun atau Amblas